Jumat, 15 Februari 2013

Pengalamanku dulu


Pas pertama kali lihat ada Giveaway tentang Gendugendu Rasa Perantau, rasanya gak ada lowongan. Tapi terus memutar otak, ngobrak ngabrik memori lama terpendam (cielaah) dan akhirnya nemu juga seberkas kenangan. Mungkin pengalaman saya ke Bogor buat menuntut ilmu walau hanya beberapa bulan masuk kategori, berhubung jarak Cilacap-Bogor itu lebih dari 20 Km()__()
Saat itu adalah pengalaman pertama saya tinggal jauh dari orang tua. Sebelumnya belum pernah, paling Cuma tiga hari dua malam saat kemah, itupun masih relative dekat dijenguk pula.

Sandal oh sandal

Hari pertama menginjakkan kaki di sana. Pondoknya besar banget tau.  Baru berapa jam disana eh udah kehilangan sandal jepit. Saya pikir ah nanti di pondok juga ada eh ternyata koperasi pondok gak jual sandal. Terus pake apa? sendalnya pake sepatu yang gak boleh basah. Dalam beberapa hari saja sepatu udah gak layak pake. mana ada hukuman buat yang pake sandal sebelahan*giceng*, juga yang ketahuan sandal hasil ghosob. Juga adanya semacam lelang sandal bagi yang merasa hanya punya sandal sebelah. Dan tau gak rasanya nyocokin satu sandal dengan ratusan bahkan ribuan sandal?*muzmet* Miris bangetlah gak punya sandal secara resmi. Giliran punya sandal, masih gress belum dinamai eh udah dighosob duluan#apes. Kadang karena gak punya sandal, aku pake sandalnya teman terus aku gendong temanku kemasjid. Atau kadang mulung sandal sebelahan yang berserakan bahkan sesekali ghosob!
Lalu ngantri! Hal yang paling dominan! Dari makan, wudu sampe MCK pake ngantri gak boleh enggak. Jadi disana tuh kita jarang mandi. Kalo mau MCK  yang aman yaa harus bangun malem. Biar malem juga banyak yang ngantri, tapi mendingan. Kadang masuk KM kamar sebelah untungnya gak ketauan kalo ketauan berabe! 

Anak baru vs anak lama.

Ini nih faktor yang juga bikin ga betah. Anak lama yang jadi penguasa kamar bahkan jadi raker (ratu keran). Kita yang anak baru udah ngantri berjam-jam mau di KM entah mau BAB, mandi atau bahkan pipis. Dengan penuh sabar dan derita nahan hajat dengan rela eh terpaksa di sodok sama anak lama yang katanya itu gilirannya apalagi tuh yang abis dari KM anak lama. Beuh dibela deh teman sesama anak lama. Tapi gak semua anak lama gitu, ada sih yang bilang“miskinan(kasihan) dia udah nunggu lama.” I like this.
Tapi emang kebanyakan anak lama itu “sadis” kecuali yang udah jadi pengurus/ketua kamar. Tapi kalo soal wudhu sih gak terlalu dominan. Soal nyuci baju, yaa harus antre nadah air buat nyuci, karena gak punya ember, jadi pake botol air mineralbekas ukuran paling gede buat nadah. Percaya gak percaya kalo botol air mineral segitu cukup buat nyuci mukena atasanbawahan, pake deterjen, bersih banget lagi. Keberadaan botol mineral itu sangat berarti disana.

Karena jatah maknnya gak ada rasanya, anyeb. Lauknya Cuma sepotong tempe/tahu yang direbus Anyeb juga, kadang pake mi juga direbus, pake sayur sop yaa kebagiannya kobis selembar ukuran kecil atau satu potong kecil wortel. Jadi senin sampe minggu menunya itu dan itu(maklum biaya tempat,makan,sekolah gratis tis). Dan menjadikan garam bahkan masako/royco sebagai lauk gurih sampe-sampe buat camilan#miris.com. sedikit juga yang buat daftar makanan yang lagi di idam idamin. Misalnya pengen bakso, pengen bumbu pecel, pengen orek, pengen rempeyek, pengen thethek mbengek pokokelah.

Makanan yang ada di koperasi hanya ada roti yang dibikin oleh Banin(santri lakilaki). Roti yang tanpa pengawet karena dalam sehari, roti buatan banin habis diserbu pelanggan. Ada rasa coklat, keju, dan stroberi. Dan satu-satunya minuman yang seger adalah air keran. Yaa selama di sana selalu minum air keran, dan Alhamdulillah gak pernah sakit perut #temen-temenku juga. Di koperasi hanya dijual the celup, gimana mau minum teh kan ga ada aer panas? Yaa ternyata, teh celupnya diseduh dengan air keran dalam botol selama kurang lebihnya sejam, dan jadilah tea non sugar, tanpa pemanis buatan apalagi pengawet. Sehat banget kan?^_^v

Medok 

Teman seantero Indonesia so disana gak boleh ngomong pake bahasadaerah, jadi mau gak mau pake bahasa Indonesia. Ngomong aku juga gak boleh harus ‘saya’. Karena udah terbiasa ngomong basa jawa(ngapak), dari logat ngomong langsung ketauan deh kalo anak jawa. Medok apalagi pada lafal huruf B, ketara banget.

Jadwal ngaji full, wiridnya lama. Kalo ketauan ngantuk langsung deh disuruh berdiri sama DKM(Dewan Keamanan Masjid) yang mengawasi di setiap sudut masjid, yang nyatetin anak-anak yang terlambat jama’ah. Kalo banyak poinnya tiap minggu dapat Iqobah (hukuman).

Pagi bangun jam 4 langsung lari ngantri wudhu yang pertama plus nadah aer. Anak lama mah nyante pada bangun jam setengah limaan dan pas aku udah siap ikut bacaan asmaul husna sampe shalat jama’ah subuh pukul 5 pagi. Setengah enam selesai wirid dan langsung senam pagi tapi aku langsung ambruk, tidur lagi.

Itu sepenggal pengalamanku di Bogor, gak Cuma kisah pahit tapidisana aku juga merasakan kisah indah nan manis mengharukan, Masih banyak yang mau diceritain, tapi katanya maksimal 800kata. Ya wis lah.

Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Gendugendu Rasa Perantau


2 komentar:

  1. Kok pahit kabeh pengalamane... Ckckck...

    BalasHapus
  2. iya mba., pahit tp kan kayak pare. Pait tp ttp enak dimasak.:)

    sng manis2 tnggu postingan selanjte. InsyaALLAH.

    BalasHapus